Hari Nowruz Internasional - 21 Maret

Photo: © Iranian Cultural Heritage, Handicrafts and Tourism Organization (ICHHTO)

Latar Belakang

Hari Nowruz Internasional diproklamasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, dalam resolusinya A/RES/64/253 tahun 2010, atas prakarsa beberapa negara yang sama-sama merayakan hari ini. Di bawah item agenda "budaya perdamaian", negara-negara anggota Afghanistan, Azerbaijan, Albania, Bekas Republik Yugoslavia Makedonia, Iran (Republik Islam), India, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turki, dan Turkmenistan mempersiapkan dan mengenalkan sebuah draf resolusi  (A/64/L.30) berjudul "Hari Internasional Nowruz" kepada sesi ke-64 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang sedang berlangsung untuk dipertimbangkan dan diadopsi.

Pada sidang paripurna ke-71 tanggal 23 Februari 2010, Majelis Umum menyambut baik dimasukkannya Nowruz ke dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 30 September 2009.

Hal ini juga mengakui 21 Maret sebagai Hari Internasional Nowruz, dan mengundang negara-negara anggota yang berminat, Perserikatan Bangsa-Bangsa, khususnya agensi-agensi yang relevan, pendanaan dan program, dan utamanya  Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), dan organisasi internasional dan regional yang berminat, serta organisasi non-pemerintahan, untuk berpartisipasi pada event yang diorganisasikan oleh negara-negara dimana Nowruz dirayakan. 

young people in traditional dress sitting down on stage

 

Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan

Nowruz tercatat pada tahun 2016 dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan. Tahun baru sering kali menjadi waktu ketika orang-orang mengharapkan kemakmuran dan awal yang baru. Tradisi penting yang dilakukan selama waktu ini adalah berkumpul di sekitar 'Meja', dihiasi dengan benda-benda yang melambangkan kemurnian, kecerahan, penghidupan, dan kekayaan, untuk menikmati hidangan istimewa bersama orang-orang terkasih. Hadiah-hadiah dipertukarkan, terutama untuk anak-anak, dengan menampilkan benda-benda yang dibuat oleh para pengrajin. Ada juga pertunjukan musik dan tarian di jalanan, ritual publik yang melibatkan air dan api, olahraga tradisional, dan pembuatan kerajinan tangan. 

an abstract illustration of people engaged in an event

 

Kenapa kita memperingati Hari Internasional?

Hari dan pekan internasional adalah kesempatan untuk mengedukasi publik pada isu-isu yang menjadi perhatian, memobilisasi kemauan politik dan sumber daya untuk mengatasi masalah-masalah global, dan merayakan dan memperkuat pencapaian kemanusiaan. Keberadaan hari-hari internasional telah ada sebelum pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa, tetapi PBB telah merangkulnya sebagai alat advokasi yang kuat. Kami juga menandai peringatan PBB lainnya.

UN entities involved in this initiative

UN
United Nations
UNESCO
Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB

Tujuan yang kami dukung lewat prakarsa ini